Daftar 15 Petinju Wanita Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Cantik, seksi, berbahaya dan menjadi juara, itulah kata yang cocok untuk menggambarkan petinju-petinju wanita ini.

Ya, dalam kenyataanya ada wanita-wanita cantik yang turut berprestasi dalam tinju, olahraga yang dikenal sangat berbahaya.

Wanita-wanita ini secara konsisten menunjukkan bakat mereka, memecahkan rekor, dan merupakan panutan bagi wanita lain yang ingin mengejar karir di dunia tinju. Berikut adalah daftarnya.

1. Lauryn Eagle

https://www.instagram.com/p/Bwy1dTbpbK_/

Lauryn adalah sosok yang terkenal dalam olahraga dan bintang televisi di Australia. Dia mengikuti The Celebrity Apprentice Australia dan menjadi Miss Teen International.

Sebagai petinju profesional Luaryn memenangkan 15 dari 20 pertarungan dan mendapatkan gelar kelas ringan wanita Australia tahun 2013. Tidak hanya tinju Lauryn juga adalah seorang ski air wanita dan juga memenangkan gelar kelas F2 kategori wanita pada kejuaraan dunia ski air

2. Avril Mathie

Avril lahir di Autralia dan tinggal di Miami sebagai petinju profesional, model dan praktisi kebugaran. Avril bergabung dengan Gym st. 5 yang terkenal di Athena untuk berlatih menjadi petinju.

Rekor profesionalnya dalam tinju adalah menperoleh empat kemenangan tanpa kekalahan.

Dia juga dalah pemenang ajang Miss Swimsuit USA International 2014 dan Las Vegas International Model Search pada 2015. Hingga saat ini, dia adalah model kontes paling sukses di Australia.

3. Paige VanZant

https://www.instagram.com/p/CJekj2UsPIq/

Banyak orang mengenal bahwa VanZat adalah seorang petarung MMA, namun sebelum dia terjun menjadi petarung MMA dia adalah seorang petinju.

Awalnya dia mempelajari tinju sebagai cara untuk melindungi diri dari perudungan di sekolahnya. Sekarang Dia adalah seniman bela diri campuran dan sebelum bertarung untuk Bare Knuckle Fighting Championship dia memiliki karir yang naik-turun dengan UFC.

Seiring kemajuan kariernya, Paige mendapati dirinya menandatangani kontrak jenis lain; dia muncul sebagai tamu di Dancing with the Stars and Chopped.

4. Eva Wahlström

Petinju Finlandia Eva terkenal karena dia memegang gelar kelas bulu super wanita WBC dari 2015 hingga 2020.

Dia Menjadi satu-satunya orang Finlandia yang memenangkan gelar tinju dunia dan dia juga adalah seorang selebriti lokal di Finlandia.

Meskipun mengalami kelemahan emboli paru, Eva membuktikan kekuatannya kepada dunia dengan bersaing di dunia tinju dunia. Dia memenangkan 23 dari 27 pertarungan profesionalnya. Pada Maret 2020, dia mengumumkan pengunduran dirinya, patut bangga atas prestasinya.

5. Marlen Ezparza

Selanjutnya ada Marlen Ezparza seorang petinju wanita yang terkenal dia Amerika karena dia menjadi petinju wanita pertama yang lolos ke Olimpiade setelah tinju wanita masuk dalam daftar Olimpiade.

Dia memenangkan medali perunggu di Olimpiade dan mengikuti banyak kejuaraan tinju dunia lainnya.

Selain tinju, Marlen sangat menyukai hak-hak hewan dan bekerja sama dengan PETA. Dia juga mendukung CoverGirl dan berpartisipasi dalam iklan Coca-Cola dan dokumenter CNN yang membahas tentang menjadi seorang wanita Latin di Amerika.

6. Christina Hammer

Petinju Jerman Christina adalah petinju termuda dalam sejarah yang memenangkan gelar WBO.

Dia menerima beberapa penghargaan penting, termasuk Fighter of the Year oleh WBF dan WBO. Dia juga Petinju Wanita Terbaik German Boxing Commission (BDB).

Baru-baru ini, The Ring dan BoxRec memberi Christina gelar kelas menengah perempuan aktif terbaik kedua di dunia. Para mantan lawan mendeskripsikan Christina sebagai petinju yang memiliki gaya sabar dan terampil, di mana dia mengalahkan mereka dengan pukulan yang diikuti dengan serangan lanjutan yang lebih agresif.

7. Jessica McCaskill

Jessica adalah petinju wanita yang memegang dua kelas juara dunia. Meski memiliki kehidupan waktu kecil yang kurang beruntung, Jessica menemukan tinju untuk menjada diri agar tetap semangat.

Hingga dimana dia memulai menjadi petinju amatir dan profesional. Saat ini dia adalah pemegang gelar IBo kelas welter wanita.

8. Ina Menzer

Petinju asal Jerman ini terkenal dengan julukan petinju “of the Year”. Ini karena dia menerima gelar Sportswoman of the Year selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2000-an dan boxer of the year di Dewan Tinju Dunia.

Dari sekian banyak prestasinya, Ina layak mendapat tempat di daftar petinju wanita tersukses.

Dia hanya mengalami satu kekalahan dalam 31 pertarungan profesionalnya. Saat itu, dia memutuskan untuk pensiun dari tinju, dia melanjutkan pendidikannya dan lulus dengan gelar manajemen olahraga.

9. Amanda Serrano

Amanda seorang petinju wanita yang memegang Guinness World Record karena memiliki kemenangan tinju kelas berat wanita terbanyak, yaitu juara di sembilan kejuaraan tinju dunia dengan tujuh juara di kelas berat.

Tidak hanya itu saja, Amanda juga merupakan seorang pegulat profesional dan atlet MMA.

10. Michelle Waterson

Michelle saat ini menempati peringkat delapan kelas jerami wanita UFC dan merupakan Juara Kelas Atom Invicta FC. Yang menjadikannya luar biasa, Michelle terjun ke karir tinju profesional tanpa pernah bertarung di ring amatir.

Selain menjadi petinju, Michelle adalah salah satu artis televisi yang terkenal. Dia mengikuti acara reality show Oxygen, Fight Girls dan menjadi petarung wanita di Beatdowm MTV.

11. Yesica Bopp

Petinju wanita asal Argentina ini telah menerima gelar dari The Ring dan BoxRec sebagai petinju wanita kelas Flyweight terbaik di dunia. Dia juga memegang gelar kelas Flyweight di WBO selama 4 tahun.

Yesica hanya mencatatkan satu kekalahan dari 37 pertarungan profesional yang sudah dia jalani. Dikabarkan bahwa saat ini dia sedang berhenti sejenak di dunia tinju untuk mengejar gelar Psikologi Sosial dai salah satu universitas. Dia juga adalah seorang petinju wanita yang dekat dengan keluarga.

12. Mariana Juarez

Petinju wanita asal Meksiko, Mariana dinobatkan sebagai petinju kelas Bantamweight teraktif dan terbaik kedua di dunia oleh The Ring.

Dia telah menjalani 68 pertarungan yang sangat mengesankan. Dia sebelunya adalah pentinju wanita pemegang gelar juara kelas Flyweight WBC. Dia juga adalah pemegang gelar juara tinju WBC selama tiga tahun.

Karir tinju juga ditularkan kepada keluarganya dimana adiknya yang bernama Lounders Juarez juga merupakan petinju juara dunia.

13. Zuliana Munoz

Petinju Meksiko Zulina terus memukau di dunia dengan kemampuannya. Pada bulan September 2020, The Ring menempatkannya di peringkat ketiga kelas bantam wanita aktif terbaik di dunia.

Pada Februari 2021, dia terus memegang gelar kelas terbang super wanita WBC sejak 2017.

Selama karir bertarungan, Zuliana Munoz hanya mengalami tiga kekalahan dari 57 pertarungan.

14. Mia St. John

Mia memiliki segudang prestasi yang lengkap, sebagai petinju, model, pengusaha dan merupakan juara tekwondo. Dalam karir tinjunya dia mememangkan sabuk juara WBC di divisi kelas Welterweight.

Selama karir tinju profesional, dia telah mengantongi 49 kemenangan.

Sejarah singkatnya, Mia dulunya seorang model yang juga berkuliah dengan jurusan psikologi. Setelah lulus dan menjuarai kejuaraan taekwondo dia menjadi petinju profesional pada umur 29 tahun. Saat memulai debutnya dia mendapatkan gelar “The Kockout” karena berhasil mengalahkan Angelica Villani dalam waktu kurang dari satu menit.

15. Ava Knight

Petinju asal Amerika Ava adalah juara tinju internasional sabuk berlian WBC. Dia berkompetisi di tiga divisi kelas berat, dan pada September 2020, The Ring memberinya gelar kelas terbang wanita aktif terbaik keempat.

Dijuluki “Lady of Boxing,” Ava memasuki ring tinju profesional pada usia sembilan belas tahun . Dia salah satu petinju wanita terkenal di Amerika Serikat dan Meksiko.

Di waktu luangnya, Ava menikmati menjadi pelatih pribadi dan pelatih tinju.

Bonus! 5 Petinju Wanita Terbaik Indonesia

Dikutip dari Brilio, berikut adalah petinju wanita terbaik yang berasal dari Indonesia.

1. Priscilla Hertati Lumban Gaol

Pada November 2018 lalu, Indonesia dibuat bangga dengan prestasi yang ditorehkan petarung MMA bernama Priscilla Hertati Lumban Gaol. Bertanding di ajang One Championship Warrior’s Dream di Istora Senayan, Jakarta, petarung berusia 30 tahun ini sukses mempersembahkan kemenangan setelah mengalahkan petarung Filipina, Angelie Sabanal.

Mengawali kariernya sebagai atlet wushu, Priscilla Hertati resmi menggeluti dunia MMA pada 2013. Kemampuan tarungnya yang luar biasa, kini membuat nama Priscilla menjadi salah satu petarung yang disegani dunia.

2. Inandya Citra

Berawal dari olahraga Muay Thai, kecintaan Inandya Citra terhadap dunia MMA mulai tumbuh. Tahun 2009, Inandya Citra mulai terjun di ring oktagon secara serius dan profesional. Bertahun-tahun menjadi petarung MMA, cewek yang punya hobi traveling ini sudah banyak menorehkan prestasi gemilang di kejuaraan nasional.

Bagi Inandya, kecantikan seorang perempuan bukan hanya terlihat dari gaya berpakaiannya, tapi juga bagaimana dia bisa menunjukkan sesuatu yang unik dari dirinya.

3. Aida Apandi

Aida Apandi adalah salah satu petarung MMA perempuan yang masih terbilang muda. Meskipun baru berusia 21 tahun, namun Aida Apandi berhasil menembus partai final dalam ajang One Pride MMA 2016 di usianya yang masih 19 tahun.

Untuk mengasah kemampuannya dalam ring oktagon, Aida Apandi bergabung bersama Black Mamba MMA Academy Banten. Berbekal background olahraga boxing dan muay thai, Aida sudah mengikuti beberapa kompetisi.

4. Linda Darrow

Linda Darrow bisa dibilang merupakan salah satu petarung perempuan hebat di Indonesia. Linda juga merupakan juara kelas straw wanita One Pride MMA 2017 lalu. Tak hanya itu, petarung yang berasal dari Han Academy Solo ini mengharumkan nama Indonesia dengan memenangi Internasional One Pride MMA pada Mei 2018 lalu.

Prestasinya tersebut kini membuat petarung yang hobi masak ini mendapat beasiswa dari UFC. Selama satu bulan, Linda berlatih dengan semua fasilitas yang ada di UFC Las Vegas. Linda Darrow juga menjadi atlet perempuan MMA pertama yang mendapat beasiswa dari UFC.

5. Monalisa Randa

Meskipun mengenakan hijab, namun hal tersebut tak menghalangi Monalisa Randa untuk bertarung di ring oktagon. Petarung berusia 26 tahun ini mengawali kariernya sebagai atlet wushu.

Menggeluti wushu, Monalisa Randa pernah meraih medali perak dalam Kejurnas PON 2011 di Makassar. Monalisa Randa kini juga bertarung di ajang One Pride MMA.

Leave a Comment