4 Tips Rahasia Atlet MMA Untuk Bangun Otot Lengan Lebih Kuat

Lengan adalah senjata paling utama dan yang paling banyak digunakan pada sebuah petarungan. Dengan memiliki lengan yang kuat kalian bisa leluasa mengayunkan pukulan atau mencengkram tubuh lawan.

Dengan olah raga yang tepat, kalian bisa membangun otot lengan lebih kuat. Berikut adalah 4 teknik rasia bagaimana melatih otot lengan untuk lebih kuat langsung dari Rich “Ace” Franklin dikutip dari OneFC.com

1. Biceps Bukan Satu-satunya

Banyak orang mengira, untuk mendapatkan lengan yang besar dan kuat adalah selalu melakukan latihan biceps. Meskipun itu benar, tapi kalian harus fokus melatih otot triceps.

Otot biceps akan selalu terlatih ketika kita melatih otot triceps meskipun tidak begitu banyak. Terlebih ini adalah masalah bagian-bagian otot yang terdapat di lengan.

Lebih dari dua per tiga lengan atas anda terdiri dari otot trisep.

2. Lakukan Latihan Yang Tepat

Dalam daftar ini ada beberapa gerakan yang dapat melatih sebagaian besar otot triceps kalian. Jika merasa mudah, gunakan beban untuk melatih otot.

Jaga repetisi maksimal hanya di delapan kali, tetapi cobalah mengangkat seberat mungkin.

1. Triangle Push-up

Mulailah dalam posisi push-up, ciptakan segitiga di atas alas dengan telunjuk dan jempol anda. Turunkan tubuh anda sambil menjaga bagian inti anda tetap tegang dan rapat, lalu dorong tubuh anda ke atas.

2. Close-grip Bench Press

Duduklah di antara bangku, di bawah sebuah barbel. Rapatkan tangan kalian dan angkat barbel setinggi mungkin tanpa memaksa pergelangan kalian.

Pastikan punggung tetap lurus dan tetap jaga kedua kaki terpaku di lantai. Jaga siku tetap rapat, lalu turunkan barbel ke arah dada dan angkat kembali.

3. Tricep Dip

Ini adalah gerakan untuk ,elatih otot tricep tanpa alat, namanya adalah tricep dip. Kalian bisa melakukannya di rumah hanya dengan bantuan sebuah kursi.

Pertama-tama letakkan telapak tangan diatas kursi dan tempatkan kaki diatas lantai. Turunkan badan hingga siku tangan membentuk sudut 90 derajat, tahan dan kembali ke posisi semula.

4. Skull Crusher

Latihan ini tidaklah menakutkan seperti namanya. Ambil sebuah barbel dan berbaringlah di sebuah kursi.

Taruh siku di atas wajah dan barbel di belakang kepala. Jaga bagian lengan atas saat kalian mengangkat beban, untuk mengenai bagian otot trisep dorong barbel keatas, tahan dan kembali ke posisi semula.

3. Jaga Asupan Nutrisi

Latihan beban bukan cara untuk membangun otot lengan lebih kuat, namun itu tergantung pada nutrisi yang kalian santap. Menyantap makanan di waktu yang tepat juga bernutrisi seperti protein akan menjadikan pertumbuhan otot lebih cepat.

Segera setelah mengangkat beban, makanlah buah-buahan untuk asupan karbohidrat yang cepat serap. Sekitar 20 menit kemudian, pastikan kalian mengkonsumsi protein yang cukup untuk membantu pertumbuhan. Gula dari buah-buahan itu akan memberi penyerapan protein yang lebih baik bagi otot kalian.

4. Ikuti Rutinitas Rich “Ace” Franklin

Berikut adalah rutinitas Rich “Ace” Franklin untuk melatih otot lengan lebih besar dan kuat.

  1. Bench Press – 8 repetisi.
  2. Tricep Dip – 15 repetisi.
  3. Triangle Push-up – max.

Lakukan gerakan diatas sebanyak 4 set.

Kalian dapat menambah beban yang lebih berat untuk menambah intensitas setiap gerakan. Kalian juga bisa menambahkan jumlah repetisi khususnya untuk gerakan tricep dip.

Leave a Comment