6 Jenis Sarung Tangan Tinju Terbaik Untuk Latihan Boxing dan MMA

sarung-tangan-tinju-untuk-latihan-dan-pertandingan
combat.co.id

Apa itu sarung tangan tinju?

Sesuai dengan namanya, sarung tangan tinju adalah sebuah sarung tangan yang dapat digunakan untuk melakukan latihan dan pertandingan tinju.

Melihat dari jenis tinju yang beragam, sarung tangan tinju juga tersedia dalam beberapa jenis.

Sarung tangan tinju berfungsi sebagai pelindung tangan seorang petinju baik pada saat melakukan latihan atau saat melakukan pertandingan tinju.

Selain untuk melindungi diri sendiri, sarung tangan tinju juga berfungsi untuk melindungi lawan dari pukulan yang diterima.

Berikut ini adalah macam-macam jenis sarung tangan tinju yang digunakan.

1. Bag Gloves

Jenis sarung tinju yang pertama bernama Bag Gloves. Ini adalah sarung tinju yang pertama kali akan kalian gunakan sebelum menggunakan sarung tangan tanding atau pertarungan.

Sarung tangan ini digunakan untuk latihan memukul Bag atau kantong latihan tinju.

Bantalan yang terdapat dalam sarung tinju ini lebih tebal yang berfungsi untuk meminimalisir cidera pada sekitar area tangan seperti pergelangan tangan kalian saat melakukan pukulan ke kantong tinju.

2. Training Gloves

Sarung tangan ini juga dikenal dengan sarung tangan untuk latihan dan paling umum.

Sarung tangan ini bisa kalian temukan di gym. Sarung tangan ini memiliki banyak pilihan berat dan memiliki warna sarung yang sangat beragam.

Ada empat faktor untuk memilih sarung tangan ini untuk menemani latihan kalian, yaitu ukuran tangan, tinggi badan, berat badan dan kekuatan otot tangan.

Untuk melatih kekuatan otot tangan, kalian bisa mencoba menggunakan sarung tinju yang berat. Semakin berat sarung tinju yang digunakan saat latihan maka akan semakin cepat pula otot tangan akan terbentuk.

3. Sparring Gloves

Pada umumnya, sparring glove yang bagus memiliki berat antara 16 oz atau 18 oz.

Karena digunakan untuk latih tanding, sarung tangan tinju ini juga memiliki bantalan yang cukup tebal yang bertujuan untuk melindungi lawan dari cidera.

Bobot yang berat pada sarungan tangan ini juga akan membantu kalian melatih otot tangan sebelum bertanding. Sehingga kalian akan lebih merasa ringan saat menggunakan sarung tangan tinju untuk pertandingan.

4. Fighting Gloves

Sarung tangan ini digunakan untuk pertandingan. Fighting gloves memiliki berat dari 8 oz, 10 oz atau 12 oz, tergantung pada jenis pertarungan atau promotor.

Ada dua jenis fighting glove, yaitu renda dan umum.

Sarung tinju jenis renda adalah sarung tinju yang memiliki tali yang bisa dikencangkan dan dikendorkan sehingga dapat lebih disesuaikan oleh tangan penggunanya.

5. Muay Thai Gloves

Muay Thai adalah olahraga yang berbeda dengan olahraga tinju, namun biasanya dalam pertandingan petarung dapat menggunakan sarung tangan tinju.

Sarung tangan tinju Muay Thai ini lebih di desain agar petarung lebih leluasa dalam melakukan gerakan.

Muay Thai Glove memiliki bantalan yang lebih tebal di area punggung tangan dan lebih minim bantalan di bagian telapak tangan yang berfungsi agar petarung lebih mudah menangkap tendangan lawan.

6. MMA Gloves

Sarung tangan MMA Gloves dikembangkan khusus untuk petarungan bela diri campuran. Berbeda dari sarung tangan tinju yang umum, sarung tangan MMA Gloves memiliki jari yang terbuka.

Meskipun secara teknis MMA Gloves ini adalah bukan sarung tinju, namun digunakan untuk tujuan yang sama yaitu melindungi diri dan lawan.

Tujuan dari sarung tangan ini memiliki jari yang terbuka adalah untuk memudahkan dalam menggenggam. Mengingat dalam pertarungan MMA banyak sekali seni bela diri yang digunakan seperti Brazilian Jiu-Jitsu.

Bagaimana Memilih Sarung Tangan Tinju yang Tepat?

Jawaban yang sangat tepat untuk pertanyaan ini adalah tergantung pada setiap individu. Faktor seperti tinggi badan dan berat badan adalah acuan bagaimana kalian bisa memilih sarung tinju yang tepat.

Faktor lainnya adalah jenis pelatihan yang akan kalian lakukan.

Gambaran sederhana ini dapat kalian gunakan sebagai panduan saat membeli sarung tangan secara online.

PriaWanita
Berat Badan (KG):Bag Work:Sparring:Berat Badan (KG):Bag Work:Sparring:
Under 50kg8oz12-16 ozUnder 45kg6oz12-16 oz
51-65kg8-10 oz16 oz45-50kg8 oz16 oz
63-76kg12 oz16 oz50-60kg10 oz16 oz
74-90kg12 oz16 oz60-70kg12 oz16 oz
Over 88kg12 oz16-18 ozOver 70kg12 oz16 oz

*1 oz = 0,028 kg.

Demikianlah pembahasan macam-macam jenis sarung tangan tinju yang digunakan untuk latihan dan pertandingan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin membeli sarung tangan tinju yang tepat.

Leave a Comment