7 Istilah Kemenangan dan Kekalahan Dalam Pertandingan MMA Beserta Contohnya (Video)

Dalam segala bentuk kompetisi biasanya sebuah kemenangan dinilai dari beberapa aspek. Jika dalam kompetisi kejuaran balap mobil, motor dan kuda maka mereka yang berada posisi satu yang jadi pemenangnya.

istilah kemenangan dan kekalahan dalam MMA

Hal ini tentu saja berbeda dengan penentu kemenangan dan kekalahan yang ada di dunia tinju dan MMA.

Tidak hanya satu,tetapi ada 7 istilah kemenangan dan kekalahan dalam dunia tinju dan MMA. Apa saja? Mari kita simak bersama pembahasannya di bawah ini.

1. Keputusan Juri (Decision)

Kemenangan via keputusanjuri (Decision) akan terjadi ketika pertandingan melakoni semua ronde yang telah dijadwalkan.

Misalnya, jika pertandingan memiliki tiga ronde maka semua ronde harus dijalani dulu oleh kedua petarung dan seterusnya.

Ada tiga orang juri pada setiap pertandingan. Juri akan menilai kedua petarung saat mereka melakoni laga di atas ring..

Angka sendiri didapat jika seorang petinju berhasil melakukan pukulan atau tendangan yang mulus mengenai lawannya. Kalian bisa membaca bagaimana cara juri menilai pertarungan di MMA.

Bagi petarung yang mendapat skor tertinggi dia akan menjadi pemenang via Decision. Sementara petarung yang kalah disebut kalah dengan Decision.

2. Diskualifikasi (DQ)

Meski pertandingan MMA minim peraturan, tetap saja petarung harus mematuhi peraturan yang ada.

Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi biasanya kerena petarung mengenai bagian tubuh yang dilarang, seperti daerah selangkangan dan mencolok mata lawan.

Jika seorang petarung terus melakukan pelanggaran dan tidak mengindahkan teguran wasit pertandingan, maka dia akan dijatuhi hukuman kalah diskualifikasi. Otomatis sang lawan akan menang via diskualifikasi (DQ).

3. Terluka (Injured)

https://youtu.be/_-0aHJIzHvw

Kemenangan via injured akan petarung dapatkan jika sang lawan terluka sangat parah akibat terkena pukulan, terbentur dan sebagainya dalam sebuah pertarungan.

Kemenangan injured ini akan didapatkan setelah dokter memberikan keputusan kalau petarung yang terluka tersebut tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Jika dokter sudah memberikan keputusan tersebut, maka wasit akan segera menghentikan pertandingan dan petarung akan mendapatkan kemenangan via injuri. Sedangkan yang terluka akan mendapatkan kekalahan injuri.

4. Knock Out (KO)

Kemenangan KO adalah salah satu kemenangan yang sangat ingin didapatkan dan menjadi kebanggaan bagi seorang petarung yang mendapatkannya.

Selain itu, kemenangan KO sangat bagus bagi seorang petarung untuk ditambahkan pada profilnya. Hanya saja, kemenangan KO sangat sulit untuk didapatkan.

Kemenangan KO adalah kemenangan dimana lawan terkena pukulan atau tendangan telak dan langsung hilang kesadaran.

5. Menyerah (Submission)

Kemenangan secara submission adalah kemenangan yang didapat oleh petarung jika sang lawan menyerah akibat terkena pukulan atau kuncian.

Atau ketika sang pelatih atau dokter melempar handuk putih sebagai tanda menyerahnya seorang petarung untuk melanjutkan pertarungannya.

Di MMA, tanda menyerahnya sesorang petarung dapat menepuk tubuh sang lawan, baik kaki, tubuh atau tangan.

Namun biasanya ada petarung yang pantang menyerah yang mengakibatkan dia sampai tidak sadarkan diri akibat kuncian yang dilakukan oleh lawannya.

6. No Contest (NC)

Petarung akan dianggap kalah jika tidak hadir dalam sebuah pertandingan yang sudah dijadwalkan, baik secara sengaja atau tidak sengaja. Atau seorang petarung mengalami cidera sesaat akan melangsungkan pertandingan.

Dengan demikian, otomatis sang lawan akan mendapatkan kemenangan dengan sebutan No Contest (NC).

Selain karena ketidakhadiran, petarung akan didiskualifikasi jika melakukan pelanggaran sebelum pertandingan seperti memakai obat-obatan terlarang dan sebagainya.

7. Technikal Knock Out (TKO)

Banyak orang awam yang memahami bahwa KO dan TKO adalah sesuatu kemenangan yang sama, namun pada kenyataanya sama sekali berbeda.

Jika kemenangan KO adalah dimana lawan tidak sadarkan diri akibat pukulan telak, maka TKO adalah kemenangan secara teknikal.

Teknikal disini adalah ketika seorang petarung terkena serangan yang bertubi dari sang lawan dan dia tidak dapat memberikan perlindungan untuk mempertahankan dirinya lagi. Jika hal itu terjadi wasit akan langsung melerai dan menghentikan pertarungan.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kemenangan dan kekalahan yang ada dalam dunia MMA dan tinju kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment