5 Cedera Paling Umum Pada Olahraga Tinju, Cara Mencegah dan Mengobatinya

Cedera-cedera umum pada olahraga tinju biasanya akan didapatkan setelah pertarungan. Tapi tidak menutup kemungkinan seorang petinju juga bisa alami cedera saat sesi latihan.

Bukan rahasia lagi bahwa tinju adalah olahraga yang berbahaya.

Olahraga tinju bukan rekayasa. Pukulan dan sakit yang ditimbulkan benar-benar nyata. Beberapa kejadian fatal ditemukan petinju yang meninggal atau mengalami cedera permanen seumur hidup.

Terlepas dari itu semua, ini yang menjadikan tinju adalah olahraga yang paling seru untuk disaksikan dan populer di dunia. Pada artikel ini akan dibahas nama-nama cedera paling umum yang ditemukan dalam olahraga tinju.

1. Fraktur Boxer

Fraktur Boxer

Frakture Boxer adalah cedera dimana terdapat patahan pada tulang metakarpal yang berada diarea sekitar dekat jari manis dan jari kelingking.

Ini disebabkan karena susunan pada tulang jari kelingking dan jari manis yang paling kecil dari jari lain. Memukul benda diam dengan sekuat tenaga dan berat, tentu saja ada batasan sebuah tulang untuk meredam getaran.

Gejala yang dirasakan adalah rasa nyeri, bengkak, sulit bergerak dan juga adanya perubahan warna seperti lebam.

Mencegah Fraktur Boxer

Cara pertama untuk mencegah keretakan/patahan tulang metakapral adalah dengan belajar cara meninju dengan baik.

Namun bertambahnya usia seorang petinju juga akan menurunkan daya tahan tulang-tulang dalam tubuh, termasuk tulang metakapral. Karenana itu, menjalani diet sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan juga susu dengan kalsium tinggi jelas menjadi keharusan.

Mengobati Fraktur Boxer

Segera cari pertolongan medis!

Usahan juga untuk segera melakukan x-ray untuk memastikan diagnosis. Jika retakan yang terjadi tidak terlalu parah dan tulang metakapral masih sejajar tentu dapat dengan cepat diatasi.

Mengobati fraktur boxer

Namun sebagian kasus ditemukan, patahan menjadikan tulang metakapral tidak lagi sejajar. Jalan satu-satunya untuk pengobatannya adalah melalui jalur operasi.

Biasanya patahan akan pulih 6 sampai 6 minggu setelah pengobatan.

2. Carpal Boss

Mungkin Anda pernah melihat adanya benjolan di area punggung telapak tangan seseorang seperti foto di bawah ini.

Carpal Boss

Benjolan tersebut yang dinamakan dengan Carpal Boss.

Penyebab utama benjolan tersebut adalah akibat bertemunya dua tulang, yaitu tulang jari tengah dengan tulang metakapral. Jika kasus ini terjadi secara alamiah, benjolan ini biasanya tidak sakit.

Namun hal lain jika ini terjadi akibat cedera, Anda akan terasa sakit saat menggerakkan jari dan pergelangan tangan.

Mencegah Carpal Boss

Tinju adalah olahraga yang brutal. Seorang petinju akan mendapatkan cedera ini jika tidak berhati-hati dalam menggunakan tangan. Selalu latih area pergelangan tangan dengan baik.

Penggunaan sarung tangan tinju yang bagus mungkin tidak cukup untuk menghindari cedera Carpal Boss.

Oleh karena itu disarankan agar seorang petinju dapat meminimalisir cedera dengan melakukan latihan keterampilan menghindar. Jika sudah ada indikasi terjadi Carpal Boss untuk segera di lakukan perawatan.

Mengobati Carpal Boss

Bantuan dokter adalah salah satu cara utama untuk pengobatan gejala Carpal Boss. Tidak ada cara lain.

Dalam kasus lain pembedahan/operasi adalah jalan satu-satunya.

3. Luka-Luka Pada Wajah

Luka-luka pada wajah adalah cedera tinju yang sangat terlihat.

Tentu saja, setelah menjalani baku hantam dengan lawan, luka-luka pada wajah pasti tidak bisa dihindari. Ini karena Anda dan lawan Anda pasti kebanyakan melancarkan pukulan ke arah kepala, terutama wajah.

Robekan-robekan yang sering terjadi adalah pada area pelipis mata dan patahnya hidung.

Mencegah Luka Wajah

Memakai pelindung kepala adalah salah satu cara terbaik mencegah luka pada wajah. Namun dalam pertandingan tinju profesional, pelindung kepala tidak boleh digunakan.

Cara lainnya adalah melindungi kepala Anda sebaik mungkin ketika bertanding.

Mengoleskan minyak atau losion untuk membuat wajah Anda lebih licin. Namun tentu tidak akan berguna jika wajah Anda terkena pukulan-pukulan telak.

Mengobati Luka Wajah

Langkah terbaik untuk mengobati luka pada wajah adalah dengan segera membersihkannya. Dan lakukan tindakan medis jika luka yang terjadi pada wajah cukup parah.

Robekan yang cukup dalam membutuhkan jahitan. Jika ditangani dengan tepat, luka-luka pada wajah biasanya akan sembuh dalam waktu dua sampai empat minggu.

4. Dislokasi Bahu

Cedera umum selanjutnya pada olahraga tinju adalah dislokasi bahu.

Dislokasi bahu adalah ketika tulang humerus (yaitu bagian atas lengan yang panjang) terlepas dari skapula (juga dikenal sebagai tulang belikat).

Cedera dislokasi bahu pada tinju

Apa yang akan dirasakan?

Tentu saja rasa sakit yang luar biasa. Anda juga akan kehilangan kemampuan untuk menggerakkan lengan.

Tiga jenis dislokasi bahu yang terjadi, diantaranya:

  • Dislokasi Anterior
  • Dislokasi Posterior
  • Dislokasi Inferior

Mencegah Dislokasi Bahu

Cara paling baik adalah melatih lebih keras kekuatan lengan Anda agar dapat memberikan pertahanan ketika terkena pukulan lawan.

Jangan melakukan ayunan tinju yang berlebihan.

Jaga lengan Anda tetap dekat pada bagian samping tubuh. Selalu lakukan pemanasan sebelum melakukan pertarungan.

5. Geger Otak

Mungkin Anda pernah mendengar seorang petinju muda yang sedang naik daun bernama Prichard Colón. Dia adalah contoh betapa mengerikannya akibat menerima pukulan di kepala.

Prichard Colón harus menjalani hari-hari seperti orang idiot.

Pada tahun 2015, Prichard Colón menjalani pertandingan tinju. Singkat cerita sang wasit tidak mengindahkan lawannya yang selalu memukul bagian belakang Prichard Colón. Akibatnya setelah pertandingan berakhir Prichard Colón harus dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosa menderita gangguan saraf pada otak.

Geger otak adalah gejala yang ditimbulkan akibat traumatis.

Bagaimana tidak, gejala traumatis di kepala timbul akibat Anda yang menerima pukulan berkali-kali di bagian kepala selama 3 X 12 ronde tentu saja ada bagian yang mengalami kerusakan.

Karena itu, selalu lindungi kepala Anda semaksimal mungkin saat bertarung.

Mencegah Geger Otak

Tentu saja, tidak ada pencegahan yang dapat Anda lakukan selain bertarung secara cerdas, hati-hati dan lindungi kepala.

Bagaimana pun, geger otak adalah suatu efek yang tidak disengaja.

Mengobati Geger Otak

Yang dapat mengobati geger otak adalah keberuntungan.

Geger otak dapat dengan segera disembuhkan, itu jika Anda mendapatkan geger otak ringan. Jika Anda mengalami geger otak yang parah, maka pemulihan mungkin memerlukan waktu yang sangat lama.

Apalagi otak adalah tempat berkumpulnya semua saraf.

Setelah membaca dan mengetahui cedera-cedera dalam tinju mungkin Anda akan berfikir dua kali untuk menjadi petinju profesional.

Namun tenang saja.

Cedera-cedera diatas masih dapat Anda cegah selama Anda melakukan latihan yang baik dan benar-benar mempersiapkan diri sebelum melakukan pertandingan tinju.

Leave a Comment