Mengenal Kuncian di MMA: Darce Choke

Jika kamu adalah seorang penggemar MMA, pasti kamu telah melihat atau mendengar Darce Choke. Salah satu kuncian yang bisa membuat lawan menyerah ini kerap kali muncul di pertandingan.

Darce Choke adalah kuncian dasar Brazilian Jiu Jitsu.

Lalu mengapa dinamakan Darce Choke? Siapa yang menciptakan kuncian Darce Choke?

Pengertian Darce Choke di Brazilian Jiu Jitsu

Darce Choke adalah sebuah kuncian di Brazilian Jiu Jitsu yang hampir mirip dengan Anaconda Choke.

Kuncian Darce Choke di lakukan dengan cara mengunci lengan lawan hingga terkena bagian leher. Tangan menggenggam biceps tangan lain untuk membuat cekikan ke lehar lawan menjadi lebih erat.

Jika teknik Anaconda Choke harus memutar tubuh lawan kemudian mencekik, Darce Choke cukup di posisi dimana kamu melakukan teknik kuncian.

Video Perbedaan Darce Choke dan Anaconda Choke

Sejarah Darce Choke

Teknik kuncian Darce Choke diketahui berasal dari Jerman sekitar awal tahun 90-an.

Seorang murid bernama Bjorn Dag Lagerstrom gagal karena tidak bisa sepenuhnya menguasai teknik Anaconda Choke. Dia pun memodifikasinya dan siapa sangka teknik ini sangat berguna untuk membuat lawan menyerah.

Pada awal 2000-an, seorang petarung sabuk hitam bernama Joe D’Arce menggunakan teknik ini untuk memenangkan beberapa turnamen Grappler’s Quest.

Keberhasilannya Joe D’Arce membawa teknik kuncian ini menjadi populer di kalangan petarung MMA. Karena Joe D’Arce yang mempopulerkan teknik ini, banyak orang menyebut kuncian ini sebagai Darce Choke, meskipun D’Arce bukanlah pencipta gerakan tersebut.

Video Gerakan Kuncian Darce Choke di UFC

Leave a Comment