Apa Makanan Yang Harus Dikonsumsi Sebelum Latihan MMA?

Apa makanan yang cocok dikonsumsi sebelum memulai latihan MMA? Beberapa orang dapat berlatih dengan perut kosong, tetapi sebaiknya adalah mengkonsumsi makanan sebelum latihan.

Makan sebelum latihan disebut dengan pre-workout. Dimana seorang atlet mengonsumsi makanan bergizi sebelum memulai latihan.

Berapa Jarak Waktu Makan Sebelum Latihan?

Olahraga pagi hari atau siang hari? Olahraga pagi hari sangat baik baik orang yang memiliki waktu sedikit. Orang yang memiliki lebih fleksibil biasanya melakukan olahraga di waktu siang atau malam hari.

Kapan waktu untuk mengosumsi makanan?

Tidak baik melakukan olahraga setelah sesaat mengonsumsi makanan. Waktu ideal untuk mengonsumsi makanan adalah 30 menit sebelum melakukan olahraga. Ini juga tergantung pada apa yang di konsumsi. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi tentu akan membutuhkan waktu lebih lama.

Apa Jenis Makanan Untuk Pre-Workout?

Makanan pre-workout akan membantu mendapatkan asupan energi. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki nutrisi yang seimbang. Agar tubuh bertenaga saat olahraga, maka tubuh membutuhkan nutrisi makro.

Berikut adalah makanan yang mengandung nutrisi makro.

  1. Karbohidrat
  2. Lemak
  3. Protein

Menu Makanan Pre-Workout

Berikut adalah beberapa contoh makanan lengkap sebelum berolahraga.

Sarapan

  1. Ayam panggang, telur, dan roti gandum utuh dengan jus buah atau kopi.
  2. Alternatifnya, mengonsumsi oatmeal dengan buah dan krim manis, disertai dengan tambahan protein (telur, protein tanpa lemak seperti ikan, sosis, susu protein, atau kacang-kacangan).

Makan siang

  1. Daging tanpa lemak atau ikan dengan sayuran, karbohidrat kompleks, dan buah-buahan.

Gunakan minyak zaitun untuk memasakan menu makanan ini, agar tetap mendapatkan lemak sehat.

Jika mengonsumsi makanan berat, maka membutuhkan waktu lebih lama agar makanan yang dimakan dicerna lebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

Camilan Untuk Pre-Workout

Jika tidak mau direpotkan mempersiapkan makanan berat seperti diatas, bisa mengambil pilihan untuk membuat camilan yang lebih ringkas.

Meskipun demikian, camilan untuk pre-wprkout tetap harus memiliki nutrisi yang seimbang. Berikut adalah conroh menu makanan camilan pre-workout.

  • Kacang dan kismis, dengan kacang dua kali lebih banyak dari kismis (satu genggam besar campuran jejak sudah cukup).
  • Secangkir yogurt ukuran sedang dengan banyak buah di dalamnya.
  • Sandwich dengan daging tanpa lemak, dada ayam, atau ikan, dengan beberapa sayuran mentah seperti selada atau mentimun.
  • Susu Whey Protein kocok. Sandwich selai kacang.

Camilan adalah cara praktis mendapatkan asupan nutrisi sebelum berolahraga.

Yang harus diperhatikan adalah, makanan pre-workout tetap harus mengandung karbohidrat dan protein. Saat berolahraga juga tetap jaga asupan air untuk menghidrasi tubuh selama dan setelah latihan.

Leave a Comment