Siapa Georges Saint Pierre (GSP)? Kenapa Terkenal Sekali di UFC

Dalam media-media berita MMA pasti kerap muncul salah satu nama petarung UFC yaitu Georges Saint Pierre yang lebih dikenal dengan GSP.

Lalu siapa dia? Kenapa dia begitu terkenal di dunia MMA khususnya di UFC.

GSP adalah salah satu petarung profesional MMA di UFC.

Dia memulai karir sebagai petarung MMA pada tahun 202 dan bergabung di UFC pada tahun 2006.

Di UFC dia adalah petarung yang paling sukses. Sering sekal muncul dalam headline di beberapa petarungan.

Petarung-petarung hebat yang telah dia kalahkan pada masanya seperti Matt Hughes, BJ Penn, Nick Diaz, Sean Sherk, Carlos Condit, John Fitch, dan Michael Bisping.

Di kelas welter UFC dia berhasil merebut sabuk juara pada pertandingan UFC 56 setelah mengalahkan Matt Hughes dengan TKO pada ronde kedua.

Dia pun berhasil mempertahankan gelar sabuk juara kelas welter selama sembilan kali berturut-turut.

Kesuksesannya di dunia MMA juga dilirik oleh sebuah rumah produksi film dan ditawari untuk menjadi bintang film. Captain America: Winter Soldier berperan sebagai Batroc.

Saat bermain film dia dalam keadaan cuti dari UFC. Tepatnya setelah mempertahankan gelarnya di UFC 167 pada November 2013 yang lalu.

Setelah cuti hampir empat tahun, GSP pun mengumumkan kembali ke UFC pada 2017 dan masih mengisi kelas welter. GSP juga pernah mencoba bertarung di kelas menengah UFC.

Di kelas menengah dia pernah bertanding melawan mantan pemegang sabuk juara kelas menengah yaitu Michael Bisping dan mendapatkan kemenangan setelah Bisping melakukan tap out pada ronde ketiga.

George Saint Pierre pernah tertarik untuk bertarung melawan Khabib Nurmagomedov. Akan tetapi pertarungan tersebut gagal terlaksana karena pihak UFC menghalangi rencana pertarungan antara GSP dan Nurmagomedov.

Dirasa tidak lagi menemukan petarung yang ideal untuk dirinya, akhirnya GSP memutuskan untuk pensiun. Keputusan itu dia umumkan pada Februari 2019.

Sepanjang karirnya, GSP adalah petarung yang melancarkan pukulan dan take down paling banyak yaitu 90 kali. Dia juga adalah petarung yang berhasil mendarat pukulan terbanyak yaitu 2591 kali.

Selama manjadi petarung GSP sukses meraih 26 kemenangan dan 2 kekalahan.

GSP saat ini sudah dinobatkan sebagai UFC Hall of Fame 2020.

Penobatan dia itu terjadi pada ajang UFC 249 di VyStar Veterans Memorial, Jacksonville, Florida, AS

Flowers in Chania

Leave a Comment